Kegiatan pembelajaran anak yang didominasi oleh gerakan tubuh lazim disebut
pembelajaran motorik. Bloom menyatakan bahwa rentangan penguasaan psikomotorik
ditunjukkan oleh gerakan yang kaku sampai kepada gerakan yang lancar dan luwes,
sedangkan Dave memperjelasnya dengan mengklasifikasikan domain psikomotorik ke
dalam lima kategori mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai pada
tingkatan yang paling tinggi sebagai berikut.
Peniruan (Imitation)
Peniruan merupakan suatu keterampilan untuk menirukan sesuatu
gerakan yang telah dilihat, didengar atau dialaminya. Jadi kemampuan ini
terjadi ketika anak mengamati suatu gerakan, dimana ia mulai memberi respons
serupa dengan apa yang diamatinya. Gerakan meniru ini akan mengurangi
koordinasi dan kontrol otot-otot saraf, karena peniruan gerakan umumnya
dilakukan dalam bentuk global dan tidak sempurna. Contoh gerakan ini adalah
menirukan gerakan binatang, menirukan gambar jadi tentang suatu gerakan dan
menirukan langkah tari.
Penggunaan Konsep (Manipulation)
Penggunaan konsep merupakan suatu keterampilan untuk memanipulasi
dalam melakukan kegiatan (gerakan). Keterampilan manipulasi ini menekankan pada
perkembangan kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan gerakan-gerakan pilihan
dan menetapkan suatu penampilan melalui latihan. Jadi penampilan gerakan anak
menurut petunjuk-petunjuk dan tidak hanya meniru tingkah laku saja. Contohnya
adalah menjalankan mesin, menggergaji, melakukan gerakan senam kesegaran
jasmani yang didemontrasi-kan.
Ketelitian (Presition)
Ketelitian merupakan suatu keterampilan yang berhubungan dengan
kegiatan melakukan gerakan secara teliti dan benar. Keterampilan ini sebenarnya
hampir sama dengan gerakan manipulasi tetapi dilakukan dengan kontrol yang
lebih baik dan kesalahan yang lebih sedikit. Keterampilan ini selain
membutuhkan kecermatan juga proporsi dan kepastian yang lebih tinggi dalam
penampilannya. Respons-respons lebih terkoreksi dan kesalahan dibatasi sampai
pada tingkat minimum. Contoh gerakan ini adalah gerakan mengendarai/menyetir
mobil dengan terampil, berjalan di atas papan titian
Perangkaian (Articulation) Perangkaian adalah suatu
keterampilan untuk merangkaikan bermacam-macam gerakan secara berkesinambungan.
Gerakan artikulasi ini menekankan pada koordinasi suatu rangkaian gerakan
dengan membuat urutan tepat dan mencapai yang diharapkan atau konsistensi
internal antara gerakan-gerakan yang berbeda. Contoh keterampilan gerakan ini
adalah mengetik dengan ketepatan dan kecepatan tertentu, menulis, menjahit.
Kewajaran/Pengalamiahan (Naturalization)
Kewajaran adalah suatu keterampilan untuk melakukan gerakan secara
wajar. Menurut tingkah laku yang ditampilkan, gerakan ini paling sedikit
mengeluarkan energi baik fisik maupun psikis. Gerakan ini biasanya dilakukan
secara rutin sehingga telah menunjukkan keluwesannya. Misalnya memainkan bola
dengan mahir, menampilkan gaya yang benar dalam berenang, mendemonstrasikan
suatu gerakan pantomim dan sebagainya. (*) sumber: kemdikbud
(diolah)
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !